PENGERTIAN & FUNGSI 7 OSI LAYER

| Selasa, 06 September 2016
PENGERTIAN & FUNGSI 7 OSI LAYER

OPEN SYSTEM INTERCONNECTION (OSI)

I. PENGERTIAN

Masalah utama dalam komunikasi antar komputer dari vendor yang berbeda adalah karena mereka mengunakan protocol dan format data yang berbeda-beda. Untuk mengatasi ini, International Organization for Standardization (ISO) membuat suatu arsitektur komunikasi yang dikenal sebagai Open System Interconnection (OSI) model yang mendefinisikan standar untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor-vendor yang berbeda.

II. FUNGSI LAYER


1. Layer Fisik

Ini adalah layer yang paling sederhana; berkaitan dengan electrical (dan optical) koneksi antar peralatan. Data biner dikodekan dalam bentuk yang dapat ditransmisi melalui media jaringan, sebagai contoh kabel, transceiver dan konektor yang berkaitan dengan layer Physical. Peralatan seperti repeater, hub dan network card adalah berada pada layer ini.

2. Layer Data-link

Layer ini sedikit lebih “cerdas” dibandingkan dengan layer Fisik, karena menyediakan transfer data yang lebih nyata. Sebagai penghubung antara media network dan layer protocol yang lebih high-level, layer data link bertanggung-jawab pada paket akhir dari data binari yang berasal dari level yang lebih tinggi kepaket disk sebelum ke layer physical. Akan mengirimkan frame (blokdari data) melalui suatu network. Ethernet (802.2 & 802.3), Tokenbus (802.4) dan Tokenring (802.5) adalah protocol pada layer Data-link.

3. Layer Network

Tugas utama dari layer network adalah menyediakan fungsi routing sehingga paket dapat dikirim keluar dari segment network lokal kesuatu tujuan yang berada pada suatu network lain. IP, Internet Protocol, umumnya digunakan untuk tugas ini. Protocol lainnya seperti IPX, Internet Packet eXchange. Perusahaan Novel telah memprogram protokol menjadi beberapa, seperti SPX (Sequence Packet Exchange) & NCP (Netware Core Protocol). Protoko lini telah dimasukkan kesistem operasi Netware. Beberapa fungsi yang mungkin dilakukan oleh Layer Network
  • Membagi aliran data biner ke paket diskrit dengan panjang tertentu
  • Mendeteksi Error
  • Memperbaiki error dengan mengirim ulang paket yang rusak
  • Mengendalikan aliran
4. Layer Transport

Layer transport data, menggunakan protocol seperti UDP, TCP dan/atau SPX (Sequence Packet eXchange, yang satuinidigunakanoleh NetWare, tetapikhususuntukkoneksiberorientasi IPX). Layer transport adalahpusatdari mode-OSI. Layer inimenyediakan transfer yang reliable dantransparanantarakeduatitikakhir, layer inijugamenyediakan multiplexing, kendalialirandanpemeriksaan error sertamemperbaikinya.

5. Layer Session

Layer Session, sesuaidengannamanya, seringdisalahartikansebagaiprosedur logon pada network danberkaitandengankeamanan. Layer inimenyediakanlayanankedua layer diatasnya, Melakukankoordinasikomunikasiantaraentiti layer yang diwakilinya. Beberapa protocol pada layer ini: NETBIOS: suatu session interface dan protocol, dikembangkanoleh IBM, yang menyediakanlayananke layer presentation dan layer application. NETBEUI, (NETBIOS Extended User Interface), suatupengembangandari NETBIOS yang digunakanpadaproduk Microsoft networking, seperti Windows NT dan LAN Manager. ADSP (AppleTalk Data Stream Protocol). PAP (Printer Access Protocol), yang terdapatpada printer Postscript untukaksespadajaringan AppleTalk.

6. Layer Presentation

Layer presentation dari model OSI melakukanhanyasuatufungsitunggal: translasidariberbagaitipepada syntax sistem. Sebagaicontoh, suatukoneksiantara PC dan mainframe membutuhkankonversidari EBCDIC character-encoding format ke ASCII danbanyakfaktor yang perludipertimbangkan. Kompresi data (danenkripsi yang mungkin) ditanganioleh layer ini.

7. Layer Application

Layer iniadalah yang paling “cerdas”, gateway beradapada layer ini. Gateway melakukanpekerjaan yang samasepertisebuah router, tetapiadaperbedaandiantaramereka. Layer Application adalahpenghubungutamaantaraaplikasi yang berjalanpadasatukomputerdan resources network yang membutuhkanaksespadanya. Layer Application adalah layer dimana user akanberoperasipadanya, protocol seperti FTP, telnet, SMTP, HTTP, POP3 beradapada layer Application.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲